Kondisi Desa

         Desa Monggot merupakan Desa yang sangat Strategis terletak pada titik koordinat Desa Lintang : 7″ dan Bujur 110″ dan memiliki Luas wilayah 11,17 km². Lebih kurang 4 Km arah Selatan  dari Ibu Kota Kecamatan Geyer dan jalan raya Provinsi (Jalur Solo – Purwodadi). Dengan letak yang strategis itu banyak potensi yang bisa dikembangkan dan digali lebih maksimal lagi oleh Desa untuk kesejahteraan masyarakat.

     Sebagian besar wilayah Desa Monggot adalah lahan Hutan Perhutani yang artinya Desa  Monggot menjadi salah satu wilayah Pinggiran Hutan di wilayah Kabupaten Grobogan. Adapun batas-batas Desa yang meliputi : sebelah Selatan yaitu Desa Juworo, sebelah Utara yaitu Desa Geyer, sebalah Barat yaitu Desa Juworo dan sebelah Timur yaitu Desa Ngrandu. Desa Monggot memiliki 8 (delapan) Dusun yaitu Dusun Monggot, Dusun Timongo, Dusun Gaji, Dusun Nangkas, Dusun Ngasem, Dusun Jeruk, Dusun Secang dan Dusun Ngampelan.

       Peningkatan IPTEK disegala aspek Perekonomian, Kebudayaan dan Pendidikan menjadi salah satu visi dan misi yang harus dicapai sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang cukup, SDM yang handal yang akan memaksimalkan potensi yang ada agar tercipta masyarakat yang siap dalam menghadapi era globalisasi di kemudian hari.